5 Artis K-Pop yang Ternyata Introvert

Pemahaman Diri
Nouvend Setiawan
23 Apr 2021

We are the lovesick girls... wah, halo! Kamu udah dengar album terbaru BLACKPINK belum? Aku suka banget! Tahun ini banyak lagu K-pop baru dari grup yang aku suka, seperti TWICE, ITZY, MAMAMOO, dan juga tidak lupa group kesukaan banyak orang, BTS!

Kadang-kadang aku suka mendengarkan lagu mereka sambil berbaring di kasur, di kamarku tercinta. Situasi sekarang tidak memungkinkan, sih, tapi aku lebih suka keluar ketimbang bersantai di kamar. Mungkin itu karena aku lebih cenderung memiliki kepribadian yang ekstrovert, ya? Kalau kamu, bagaimana?

Sebelumnya: Yuk, cari tahu apa tipe kepribadianmu disini!

Jika kamu memiliki kepribadian yang introvert, kamu memiliki kesamaan dengan lima idola k-pop berikut, loh! Siapa aja ya? Yuk langsung cari tahu!

1. Suga - BTS

bts suga introvert
source: wikipedia

Wohoo! Siapa sih, penggemar K-pop, khususnya ARMY, yang tidak tahu kalau Suga adalah seorang introvert? Min Yoon-gi atau yang lebih akrab dikenal orang dengan nama panggungnya Suga/SUGA ini merupakan seorang INFP, loh! Keren gak, tuh?

Suga ini di beberapa ­event sering tertangkap melakukan tindakan yang relatable untuk kalian, contohnya dia seringnya lebih memilih untuk duduk dan memperhatikan anggota lainnya saat mereka sedang melakukan aktivitas atau sedang syuting. Suga juga beberapa kali sempat mengatakan di depan kamera bahwa dia lebih baik bersantai tanpa melakukan apa-apa ketimbang ngapa-ngapain. Ugh, so relatable!

2. Irene – Red Velvet

red velvet irene introvert
source: wikipedia

Anggota Red Velvet yang satu ini juga merupakan seorang introvert! Bagi kamu yang adalah seorang ReVeluv, pasti sudah tidak asing lagi dengan leader Red Velvet ini, apalagi dengan lagu terbarunya bersama Seulgi yang berjudul MONSTER, kurasa akan sulit menemukan orang yang tidak terpana dengan pesonanya.

Irene sekarang sudah lebih percaya diri dan outgoing daripada dirinya di masa lalu, katanya sendiri. Irene sempat mengatakan  bahwa dia merasa tidak nyaman melakukan hal-hal sendirian, namun itu semua berada di masa lalu seiring dengan melangkahnya Irene menuju hari-hari yang lebih baik. Dia menyadari bahwa dia tidak seharusnya hidup dengan malas dan pemalu; bahwa dia harusnya menjadi sosok yang meraih mimpinya dan mengembalikan kasih sayang dari fans-fans tercintanya. What an idol!

3. Mina – TWICE

twice mina introvert
source: wikipedia

Kali ini, dari group favoritku, TWICE!  Mina yang sempat tidak mengikuti promosi Album mereka dengan title track ‘Feel Special’ ini juga merupakan seorang introvert, kalau menurut tes MBTI, Mina adalah seorang ISFP-T.  Seorang ISFP-T adalah seseorang dengan jiwa petualang, meskipun kadang sulit untuk ditebak. Sedikit berbeda, mungkin, ya? Mina pun mengakui ini dalam sebuah video dan mengatakan bahwa dia yakin akan ada banyak orang yang tidak percaya bahwa Mina adalah seorang introvert!

Omong-omong soal Feel Special, Mina tidak mengikuti promosi album tersebut dikarenakan dia didiagnosa dengan anxiety disorder. Agensinya mengumumkan bahwa dia tidak akan mengikuti tur dan promosi album tersebut dikarenakan ‘extreme anxiety dan rasa insecure ketika tampil di atas panggung’. Untungnya agensinya mengambil langkah yang tepat untuk memutuskan keterlibatan Mina dalam tur dan promosi album tersebut dan akhirnya memutuskan Mina untuk tidak mengikutinya.

4. Taeyeon – SNSD

snsd taeyeon introvert
source: wikipedia

Kalau idol yang satu ini, dia introvert yang cukup langka, loh. Mengapa demikian? Menurut tes MBTI, Taeyeon mendapatkan INFJ, berbeda dengan ISFJ yang ia dapatkan ketika tes tahun 2017 silam. INFJ adalah tipe kepribadian yang langka, populasinya jauh lebih sedikit daripada kepribadian yang lainnya.

Seorang INFJ dikatakan memiliki kepribadian yang altruis, bijak, perfeksionis, dan kreatif. Hmm, apakah kamu menemukan kesamaan antara Taeyeon dan dirimu?

5. Jungkook – BTS

bts jungkook introvert
source: wikipedia

Wah, kamu nyangka gak, kalau ternyata  Jungkook juga seorang introvert? Hm, lumayan banyak juga ya, idol k-pop yang merupakan seorang introvert. Kira-kira, ada hubungannya gak ya, antara kepribadian mereka yang introvert dengan kemampuan mereka untuk sukses berkarya dan menjadi sosok idola yang dicintai banyak orang?

Introvert? Jangan Khawatir!

Kalau ada yang pernah bilang kalau kamu cupu atau gak asik karena memiliki kepribadian introvert, mereka tidak tahu apa-apa!

Kurasa kamu juga pasti sudah tahu bahwa seorang introvert mendapatkan energi mereka kembali dengan menghabiskan waktu sendirian. Seperti ngecas lah, sederhananya. Meskipun banyak orang suka mengatakan bahwa introvert harus ‘lebih berani’ dan semacamnya untuk bisa sukses dalam hidup, sejatinya kamu introvert bisa sukses juga jika kamu memanfaatkan kemampuan dirimu sebagai seorang introvert!

Baca juga: Introvert dan Segala Fakta yang Membuatnya Menjadi Keren

Seorang introvert adalah seorang pendengar yang baik! Introvert secara alami memiliki kemampuan lebih baik dalam mendengar, dan hal ini juga membuat introvert lebih cenderung untuk berpikir sebelum berbicara. Introvert juga memiliki kemampuan observasi yang hebat, dan kalau kamu berteman dengan introvert, they can make quality friend!

Introvert juga dikenal sebagai sosok yang kreatif, mampu berpikir out of the box, dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang lain.

Sebenarnya masih banyak kelebihan dari introvert yang perlu kamu tahu, tapi kurasa lebih baik kamu mencari tahunya di sini! Kalau kamu ingin mengenal kepribadianmu lebih dalam, kamu juga bisa loh konsultasi dengan mentor Satu Persen.

Kelas Online Introvert Satu Persen

Akhir kata, jangan pernah malu kalau kamu adalah seorang introvert! Idola k-pop seperti yang kusebutkan di atas juga seorang introvert dan mereka bisa menjadi sosok yang inspiring, itu berarti kamu juga sejatinya bisa, kok!

Kalau kamu masih bingung kok bisa idola k-pop yang begitu outgoing ternyata memiliki kepribadian introvert, itu tandanya kamu harus menonton video ini untuk insight yang lebih dalam!

Miskonsepsi Introvert dan Extrovert

References

Abrams, A. (2017, June 25). Seven Reasons to Be Proud to Be an Introvert. Retrieved from Psychology Today: https://www.psychologytoday.com/us/blog/nurturing-self-compassion/201706/seven-reasons-be-proud-be-introvert

Breit, C. (2018, August 27). The Surprising Benefits of Being an Introvert. Retrieved from TIME: https://time.com/5373403/surprising-benefits-introvert/

Dimedjo, E. (2020, May 13). Mina Twice Mengidap Introvert dan Anxiety Disorder. Retrieved from Tagar.id: https://www.tagar.id/mina-twice-mengidap-introvert-dan-anxiety-disorder

JazmineK. (2019, August 27). TWICE Mina Diagnosed With Anxiety Disorder, JYP Explains What Will Happen With Her Future Activities. Retrieved from Jazmine Media: https://www.jazminemedia.com/2019/08/twice-mina-diagnosed-with-anxiety-disorder-jyp-explains-whatll-happen-with-her-future-activities/

Koreaboo. (2019, June 19). 9 Idols Who Are Known To Be Introverted When Around Strangers. Retrieved from Koreaboo: https://www.koreaboo.com/lists/9-idols-known-introverted-around-strangers/

Koreaboo. (2019, April 2). Red Velvet’s Irene Was Lazy And Introverted.. Until This Happened. Retrieved from Koreaboo: https://www.koreaboo.com/stories/red-velvets-irene-lazy-introverted-happened/

Koreaboo. (2020, April 1). These 8 Precious Moments When BTS’s Suga Showed His Introverted Side Will Have You Asking “Is That Me?”. Retrieved from Koreaboo: https://www.koreaboo.com/lists/8-precious-moments-btss-suga-showed-introverted-side-will-asking/

Koreaboo. (2020, July 21). We Now Know All Of Girls’ Generation’s MBTI Personalities… Except For One Member. Retrieved from Koreaboo: https://www.koreaboo.com/lists/mbti-quiz-personality-girls-generation/

KpopStarz. (2019, August 31). Top 10 Kpop Idols that are Actually Introverts. Retrieved from KpopStarz: https://www.kpopstarz.com/articles/289824/20190831/top-10-kpop-idols-that-are-actually-introverts.htm

KpopStarz. (2020, March 6). BTS Members Release MBTI Results: Who Are the Extroverts and Introverts? Retrieved from KpopStarz: https://www.kpopstarz.com/articles/291848/20200306/bts-members-release-mbti-the-myers%E2%80%93briggs-type-indicator-results-who-s-extroverts-and-introverts.htm

Miller, K. (2019, September 23). Why TWICE Mina WIll Not Be Participating In "Feel Special" Promotions+ Jihyo Didn't Perform At Showcase. Retrieved from Jazmine Media: https://www.jazminemedia.com/2019/09/why-twice-mina-will-not-be-participating-in-feel-special-promotions-jihyo-didnt-perform-at-showcase/

Valley, A. (2020, May 4). Girls’ Generation’s Taeyeon Reveals She Has The Same Personality Type As Mother Teresa & It’s Incredibly Fitting. Retrieved from Koreaboo: https://www.koreaboo.com/stories/girls-generations-taeyeon-reveals-personality-type-mother-teresa/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.