Sering Mengenang Masa Lalu? Pahami 5 Manfaat Nostalgia Ini

Pemahaman Diri
Arief Fadillah
30 Jan 2022
memahami manfaat nostalgia
Satu Persen - Manfaat Nostalgia

Halo semua, apa kabarnya nih? Semoga sehat selalu agar dapat berkembang setiap harinya. Perkenalkan gua Arief, Part-time Blog Writer di Satu Persen

Perseners, biasanya sebelum tidur kalian ngapain dulu sih? Pernah ga ketika lo mau tidur terus tiba-tiba kepikiran sama satu peristiwa yang bikin lo senyum-senyum sendiri?

Gua yakin beberapa dari kalian, pasti pernah ga sengaja keinget sesuatu cuma karena temen lo putar 1 lagu atau keinget masakan orang yang ga bisa kita temui lagi karena mencium aroma yang mirip sama masakan orang yang kita cintai.

Kalian pasti tau lagunya Raisa yang berjudul Terjebak Nostalgia, kan? Dari lagu tersebut, mungkin kita ngambil kesimpulan kalo nostalgia tuh hal yang menyedihkan dan mengganggu kita untuk bahagia.

Kali ini gua mau membahas tentang pengertian dan dan manfaat nostalgia. Baca sampai tuntas kalo sering nostalgia, terutama buat lo yang sering sedih karena terjebak di masa lalu.

nostalgia
Source: imgflip.com

Apa itu Nostalgia?

Nostalgia berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 kata yaitu nostos dan algos, yang artinya kepulangan dan luka. Nostalgia adalah rasa kehilangan atau kerinduan pada aspek-aspek tertentu dari kehidupan masa lalu.

Dalam salah satu Podcast Speaking of Psychology, seorang psikolog asal Amerika yang bernama Krystine Batcho mengatakan:


Nostalgic memories remind us of those we love and who have loved us, which
strengthens our sense that we are not in this alone.”

Ketika lo mengenang masa lalu yang menyenangkan mungkin lo akan senyum bahkan ketawa, tapi ada juga beberapa orang yang menjadi sedih karena peristiwa itu ga bisa diulang karena berbagai alasan.

Nostalgia biasanya terjadi ketika lo kangen sama seseorang atau peristiwa yang mempunyai makna khusus dalam hidup lo, entah itu menyenangkan atau sebaliknya.

5 Manfaat Nostalgia

Sering kali nostalgia identik dengan perpisahan, walaupun kadang kala membuat kita sedih. Namun, ada juga manfaat nostalgia agar kita berkembang.

1.Meningkatkan suasana hati

Pernah ga sih kalian nungguin acara-acara sekolah atau kampus kalian? Misalkan reuni atau buka puasa bersama, walaupun lo bukan pemeluk agamanya. Tapi lo pengen aja ketemu sama kawan lama yang udah punya kesibukan masing-masing.

Menunggu hari di mana lo bisa ketemu kawan lama, mungkin lo akan bernostalgia soal kejadian yang lo alami sama teman-teman lo. Misalnya, dihukum rame-rame, perjuangan lo buat dapetin pacar, atau kelakuan teman lo yang absurd.

meningkatkan suasana hati
Source:lovethispic.com

Kalo dulu lo marah atau sedih karena makanan lo diabisin teman lo, mungkin kenangan masa lalu ini malah bikin lo senyum-senyum sendiri bahkan ketawa sendirian. Oleh sebab itu, manfaat nostalgia yang pertama adalah meningkatkan suasana hati.

2. Mendekatkan yang jauh

Ketika lo lagi bosan atau nyari foto di Facebook, sering banget kita jadi menghabiskan waktu yang cukup lama untuk liatin foto-foto jadul, entah ada diri sendiri atau ga.

Sering banget juga kalo liat foto masa lalu tuh kita jadi keinget sama seseorang yang udah ga pernah berhubungan sama kita lagi, dan pada akhirnya lo nyari social medianya untuk tau gimana keadaan dia sekarang.

Menyapa, menanyakan kabar, sedikit memberikan attention ke teman lama mungkin hal pertama yang akan lo lakukan. Coba deh inget-inget lagi temen lo yang udah ga pernah ngobrol sama lo, atau mungkin mantan lo siapa tau dia jodoh lo. Who knows?

mendekatkan yang jauh
Source: dailysia.com

3. Membantu mengatasi masalah

Setuju ga sih kalo hidup itu penuh dengan masalah? Bahkan, untuk nentuin makan siang aja lo mungkin harus sampai nanya orang lain. Tapi pernah ga kalian berhadapan dengan masalah yang bikin lo merasa emosi yang berlebihan?

Kadang kala dalam menghadapi tantangan hidup, kita dapat menemukan masalah yang sama pada waktu yang berbeda. Manfaat nostalgia yang berkaitan dengan pengalaman lo mungkin bisa membantu lo untuk menyelesaikan suatu masalah.

Seandainya lo lagi merasa kesepian karena teman-teman lo sibuk, mungkin lo bisa sedikit mengenang masa kecil lo. Kira-kira di usia 11 tahun lo ngapain sih? Misalnya, kamu suka membaca komik, coba mulai membaca komik lagi pas kesepian atau sedih.

Baca juga: Cara Mengendalikan Emosi Berlebihan Agar Hidup Lebih Seimbang

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Semua orang pasti pernah merasa ga percaya diri atau minder dalam hidup. Mungkin ini terjadi saat lo mau masuk ke universitas impian atau sekadar mendekatkan diri ke seseorang yang lo suka.

meningkatkan percaya diri
Source: memedroid.com

Salah satu faktor yang mungkin buat lo ga percaya diri adalah terlalu sering membanding-bandingkan diri dengan sesama sehingga membuat lo kurang berkembang.  Di sinilah, manfaat nostalgia bisa membuat lo lebih percaya diri. Coba ingat perjuangan lo belajar sampe tengah malem atau libur lo yang cuma tersisa hari minggu karena hari sabtu lo kerja kelompok sama teman-teman.

5. Mengatasi stres

Stres adalah hal yang paling susah dihindari kalo lagi merasa banyak banget masalah. Misalnya, ketika kerjaan numpuk, kamar berantakan, atau alasan-alasan tertentu yang membuat lo merasa stres.

Dampak dari stres itu sendiri bisa merugikan diri lo sendiri apabila dibiarkan terlalu lama. Cara mengatasinya untuk setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang liburan, main game, olahraga, atau sekedar mendengarkan lagu lawas sama temen-temen lo dulu.

Coba Juga: Tes Tingkat Keparahan Stres

Manfaat nostalgia lainnya, yakni membantu lo untuk lebih santai dan tenang, karena lo akan merasa dicintai oleh orang di sekitar lo. Tanpa sadar, nostalgia juga bisa bikin lo berpikir lebih jernih ketika lo lagi stres. Tapi ingat, tetap mengenang masa lalu sesuai porsinya

Bisa juga nonton video Youtube Satu Persen tentang nostalgia berikut ini. Selain itu, kamu juga bisa nonton video-video lainnya yang ga kalah seru dan tentunya bermanfaat banget.

Belajar dari 5 manfaat nostalgia di atas, lo bisa menyadari betapa indahnya perjalanan hidup lo. Walaupun terkadang ada yang ga sesuai dengan angan-angan semasa kecil, namun pasti ada waktunya untuk lo menikmati hidup seutuhnya.

Buat lo yang merasa ga percaya diri karena pengalaman masa lalu yang bikin ragu, atau terjebak nostalgia, bisa banget ikut online Mentoring di Satu Persen. Kenapa? Karena dengan ikut mentoring di Satu Persen, lo dapat ikut tes psikologi yang bikin lo lebih mengenal diri sendiri untuk terus berkembang setiap harinya setidaknya 1%.

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Ini dia penjelasan seputar manfaat nostalgia. Gua harap bisa bermanfaat buat lo dan orang di sekitar lo, tetap jaga kesehatan dan jangan lupa bahagia.

Gua Arief dari Satu Persen. Bye!

Referensi:

C. Cathy. (2016). How Nostalgia Makes Us Happier and Healthier.  https://www.healthline.com/health-news/nostalgia-makes-us-happier-healthier

L. David. (2020). The Psychology of Nostalgia. https://www.psychologytoday.com/us/blog/talking-apes/202003/the-psychology-nostalgia

C. Stacey. (2018). How Nostalgia Can Be Good for You Health and Well-Being. https://health.usnews.com/wellness/mind/articles/2018-12-26/how-nostalgia-can-be-good-for-your-health-and-well-being

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.