52 Juta Orang Indonesia Masih Jomblo: Cara Dapat Pasangan yang Tepat untuk Yang Masih Single

Pasangan
Ocky Jhon
27 Feb 2023
52 Juta Orang Indonesia Masih Jomblo:  Cara Dapat Pasangan yang Tepat untuk Yang Masih  Single
Satu Persen - Cara Dapat Pasangan yang Tepat untuk Yang Masih Single

Tau gak sih kalau 1/5 warga Indonesia itu masih Jomblo? Menurut data dari Tempo, Sekitar 52 Juta orang di indonesia itu belum punya pasangan! Apa jangan-jangan  kamu salah satunya?

Well, sebenarnya alasan untuk menjomblo itu bervariasi, seperti lingkungan sosial, kepercayaan diri, preferensi pribadi, dan banyak lagi. Namun, kebanyakan orang yang masih single/jomblo juga ingin merasa dicintai dan dihargai. Mereka yang membangun hubungan yang stabil dan bahagia, dan untuk menemukan seseorang yang bisa menjadi teman sejati sampai mitra hidup, dan pendamping hidup.

Kebanyakan orang juga ingin menghindari perasaan kesepian dan isolasi sosial yang dapat timbul akibat gak memiliki pasangan. Selain itu, ada juga harapan untuk menemukan seseorang yang dapat mendukung, memotivasi, dan mendorong mereka untuk berkembang dan mencapai tujuan hidup mereka.

Nah, buat kamu yang sudah lelah hidup sendiri dan ingin jalanmu menuju taken bisa berjalan mulus, kamu bisa mengikuti cara-cara ini:

1. Fokus dengan Diri Sendiri

Loh? Kalau fokus sama diri sendiri malah jadi egois, dong?”

Bukan gitu ya konsepnya 🙂

Fokus pada diri sendiri ini maksudnya adalah kamu fokus pada kualitas dirimu dulu!

Mengenali diri sendiri bisa membantu kamu memahami siapa diri kamu, apa yang kamu inginkan, dan apa yang kamu butuhkan dalam suatu hubungan. Dengan mengenali diri sendiri, kamu dapat memiliki gambaran yang lebih jelas tentang tipe orang yang sesuai dengan kepribadian dan love language kamu.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa mengenali diri sendiri itu penting dalam mencari pasangan yang tepat:

  • Menghindari hubungan yang gak sehat: Ketika seseorang tidak mengenali dirinya sendiri, ia mungkin cenderung terjerumus dalam hubungan yang tidak sehat atau tidak cocok dengan kepribadiannya. Misalnya, jika seseorang sangat membutuhkan ruang pribadi dan waktu sendiri, tetapi memilih pasangan yang sangat membutuhkan perhatian dan kebersamaan, maka hubungan tersebut mungkin akan sulit berjalan dengan baik.

  • Meningkatkan kepercayaan diri: Ketika seseorang mengenali dirinya sendiri, ia akan lebih percaya diri dalam mencari pasangan yang cocok. Seseorang akan tahu apa yang diinginkannya dan apa yang dibutuhkannya dalam suatu hubungan, sehingga ia gak akan ragu-ragu dalam mengambil keputusan tentang pasangan yang tepat.

  • Membantu membangun hubungan yang lebih baik: Ketika seseorang mengenali dirinya sendiri, ia bisa lebih mudah mengekspresikan keinginan dan kebutuhannya dalam hubungan. Ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik dan lebih sehat, karena pasangan akan tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh orang tersebut.

  • Meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan: Dengan mengenali diri sendiri, seseorang dapat menemukan pasangan yang benar-benar cocok dan sesuai dengan kepribadiannya. Ini dapat meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan dalam hubungan, karena kedua pasangan merasa saling mendukung, memahami, dan nyaman satu sama lain.

2. Perluas Koneksi dan Relasi

Kamu berharap mendapatkan pasangan tapi kamu kerjaannya mengurung diri? Tentunya sulit,  ya 😀. Makanya, kamu juga perlu untuk memperluas koneksi dan relasi agar kesempatanmu bertemu orang yang tepat akan lebih tinggi! Cobalah untuk keluar dari zona kamu dan berinteraksi dengan orang lain.

Memperluas lingkaran sosial dapat membantu seseorang menemukan pasangan yang tepat karena orang akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan berbagai macam orang yang memiliki minat dan kepribadian yang berbeda-beda. Selain itu, semakin besar lingkaran sosial seseorang, semakin besar pula kemungkinan seseorang tersebut bertemu dengan seseorang yang memiliki minat dan nilai yang sama.

Selain itu, dengan memiliki lingkaran sosial yang luas, seseorang juga dapat memperluas jaringan sosialnya sehingga dapat menemukan pasangan melalui teman-teman atau kenalan yang lebih dulu dikenal. Pada akhirnya, dengan memiliki lingkaran sosial yang luas, seseorang juga dapat memperkaya pengalaman hidup dan memperluas pengetahuan.

Kalau kamu masih bingung gimana caranya, nih hal-hal yang bisa kamu lakuin untuk memperluas lingkaran sosial:

  • Bergabung dengan klub atau komunitas/volunteer yang sesuai dengan minat: Bergabung dengan klub atau komunitas yang sesuai dengan minat dapat membantu seseorang bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Hal ini akan membantu memperluas lingkaran sosial dan memberikan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki potensi menjadi pasangan yang cocok.

  • Menghadiri acara atau festival: Menghadiri acara atau festival dapat membantu seseorang bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat dan hobi yang sama. Acara seperti pameran seni, konser musik, atau festival kuliner dapat menjadi tempat yang tepat untuk bertemu dengan orang-orang baru.

  • Mengambil kelas atau kursus: Mengambil kelas atau kursus yang berhubungan dengan minat seseorang dapat membantu seseorang bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Selain itu, mengambil kelas atau kursus dapat membantu seseorang memperluas pengetahuannya, yang dapat membantu dalam membangun topik pembicaraan dengan orang-orang baru.

3. Gunakan Teknologi Sebaik Mungkin!

Jaman sekarang itu sudah banyak teknologi yang memudahkan kamu mendapatkan pasangan! Jadi, menjadi seorang yang pemalu/pendiam tidak lagi jadi alasan buat kamu merasa sulit mendapatkan pasangan! Tapi tentunya kamu juga perlu untuk bijak ya dalam menggunakan dating apps seperti menggunakan foto asli dan menggunakan data yang secukupnya agar kamu tidak mendapatkan kejadian yang kurang mengenakan seperti ditipu, atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Untuk menghindari hal-hal tersebut kamu bisa:

  • Memilih aplikasi yang terpercaya: Memilih aplikasi kencan yang terpercaya dapat membantu seseorang menghindari penipuan dan risiko keamanan lainnya. Pastikan untuk membaca ulasan dari pengguna lain sebelum memilih aplikasi yang tepat. Contohnya Tinder yang sudah menciptakan pasangan-pasangan baru dari aplikasi tersebut. Coba app ini deh! 😀

  • Memeriksa informasi profil dengan cermat: Sebelum menghubungi seseorang di aplikasi kencan, pastikan untuk memeriksa informasi profil mereka dengan cermat. Hal ini dapat membantu kamu memeriksa keaslian profil dan menghindari penipuan.

  • Berhati-hati saat bertemu dengan orang baru: Ketika bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya setelah mengenalnya melalui aplikasi kencan, penting untuk berhati-hati dan bertemu di tempat umum yang ramai. Pastikan untuk memberi tahu teman atau keluarga tentang tempat dan waktu bertemu.

  • Jangan memberikan informasi pribadi: Jangan memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon, atau informasi keuangan sebelum memastikan keaslian dan keamanan dari seseorang.

  • Percaya intuisi kamu: Jika feeling kamu sudah merasa kurang enak, jangan ragu untuk mengakhiri kencan kamu.

    Sekian artikel tentang cara mendapatkan pasangan untuk para jomblowan/jomblowati, semoga bisa bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan kamu ya biar kamu gak menjomblo lagi 😀dan jangan lupa kalau mau pakai dating apps, pakai yang sudah terpercaya bareng Tinder!

    Thank you!

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.