Belum Jadian Udah Patah Hati: Cara Move On dari Mantan Gebetan

Hubungan
Rebecca Meliani Sembiring
24 Des 2021
Cara-Move-On-Dari-Gebetan
Cara Move On Dari Gebetan

Kamu pernah ngerasain cinta tak berbalas? Hehe, pasti pernah dong, atau mungkin kamu termasuk orang-orang beruntung yang nggak pernah merasakan cintanya tidak terbalaskan.

Tapi rasanya sedikit tidak mungkin jika kamu belum pernah merasakan yang namanya cinta tak berbalas, entah itu dengan penolakan, dalam diam, atau bahkan si dia tidak menyadari keberadaanmu sama sekali.

Seperti ini contohnya, “mau cemburu tapi bukan siapa-siapa… pernah dengar ‘kan? Huh, perasaan seperti itu sungguh sangat menyakitkan, ya? Bahkan untuk memiliki pun tidak sempat, namun kita harus berusaha untuk move on dari orang tersebut.

Ribet banget, ya? Jangan khawatir, kamu tidak sendiri! Ditambah lagi, kali ini aku mau berbagi sedikit tips agar kamu dapat move on dari dia yang tidak sempat kamu miliki itu!

Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu menonton video ini terlebih dahulu. Sit back, relax, and enjoy!

Langkah Kecil untuk Move On

Seberapa Sering?

Sebelum berbicara tentang cara move on dari seseorang yang tidak pernah kamu miliki, ada baiknya kamu melihat kembali ke dalam dirimu dan mencari tahu seberapa sering hal ini terjadi.

Kalau proses cinta tak berbalas ini, atau yang mungkin lebih akrab kamu kenal dengan istilah unrequited love, sering terjadi dalam hidupmu, mungkin kamu memiliki beberapa PR yang harus diselesaikan.

Menurut seorang psikolog bernama Phillip Shaver, jatuh cinta kepada orang yang tidak akan membalas perasaan bisa jadi adalah sebuah pola dalam beberapa orang.

Hal ini disebabkan oleh gagalnya sosok orang dewasa di masa lalu untuk hadir di saat seseorang benar-benar membutuhkan mereka.

Namun, kecenderungan yang terbentuk malah menjadi seseorang tersebut terus mengulang pola yang sama dalam mencintai orang yang tidak ada untuknya, alih-alih mencari orang yang dapat menyembuhkan luka batin di masa lalunya (Barth, 2015).

Dan ini, temanku, adalah hal yang tidak sehat. Kamu sebaiknya segera mencari pertolongan profesional seperti pergi ke terapi ketika unrequited love ini sudah mengganggu keseharianmu (sehingga orang-orang terdekatmu mengkhawatirkanmu) dan kamu benar-benar tidak dapat mengeluarkan orang tersebut dari dalam pikiranmu (Raypole, 2019).

Mungkin kamu juga takut akan penolakan, atau mungkin kamu merasa tidak cukup pantas untuk menjadi sosok yang mendampingi si dia sehingga kamu mengurung dalam-dalam perasaan yang kamu rasakan.

Either way, hal tersebut membawamu ke dalam proses move on dari orang yang bahkan tidak pernah kamu miliki, dan itu tidak sehat. Jika kamu merasa kamu memang seperti itu, mulailah dengan menonton video ini. Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk move on?

Lebih Baik Sakit Gigi Atau Sakit Hati?

1. Tanyakan pada dirimu: Kenapa Dia?

Setelah kamu menyadari bahwa kamu dan dia tidak akan pernah memiliki skenario cinta, kamu akan mendapati dirimu menyesali hal tersebut dan kadang, terus berusaha.

Sebaiknya kamu berhenti, lalu tanyakan pada dirimu, apa yang membuatmu tergila-gila padanya? Apa yang membuatmu ingin menjalin hubungan di atas level pertemanan bersamanya?

Setelah kamu mengetahui hal-hal tersebut, kamu harus mulai menyadari bahwa kamu akhirnya akan beralih ke orang lain, ke hati yang lain.

Memang sulit untuk mencerna dan menerima kenyataan bahwa dia tidak bisa membalas cintamu dan kamu harus move on.

Namun kamu harus tahu juga, ketika kamu memaksa untuk terus berusaha mendapatkan balasan cintamu, dia mungkin akan merasa risih dan itu akan beresiko untuk menghancurkan hubungan kalian yang tersisa.

2. Live the Experience

Pernah terlintas, gak, di pikiranmu bahwa ‘akan lebih baik jika aku tidak pernah jatuh cinta padanya!’

Uh, klise sekali. Walaupun memang benar bahwa kamu tidak akan merasakan sakit yang kamu rasakan kalau kamu tidak pernah jatuh cinta padanya, kamu harus mencoba melihat, lagi-lagi ke dalam dirimu.

Apa yang sudah terjadi pada dirimu selama proses cinta yang tak terbalaskan ini? Perubahan positif apa yang terjadi? Bagaimana kamu melewati hari-harimu ketika kamu masih kesemsem saat bertemu dengannya, sebelum semua ini menjadi kisah sedih beribu babak?

Cobalah untuk melihat aspek kehidupanmu yang terdampak secara positif selama proses cinta tak terbalaskanmu ini. It won’t be the same, either way. Yang bisa kamu lakukan bagi dirimu sendiri adalah untuk menerima hal tersebut dan mencari makna dari pengalaman yang kamu alami.

Baca Juga Introvert dan Segala Fakta yang Membuatnya Menjadi Keren

3. Ceritakan Isi Kepala dan Hatimu

Kadang, terasa sulit untuk menuangkan isi kepala dan hati kita kepada orang lain. Namun bagi kamu yang sedang berusaha move on dari dia yang tidak pernah kamu miliki, akan sangat membantu ketika kamu memiliki teman atau orang-orang terdekat yang bisa menjadi pendengar atau mungkin penasihat yang baik.

Namun ingat, kamu sebaiknya menceritakannya namun jangan sampai kamu bergumul terlalu lama. Iya, penolakan dan cinta yang tidak terbalaskan itu sakit, namun jika kamu terus-menerus berfokus pada fakta bahwa kalian tidak bisa bersama, kamu tidak akan sembuh, kamu tidak akan bisa melangkah maju.

Rasakan emosi yang ada, namun senantiasa ingatkan dirimu bahwa kamu harus kembali ke luar sana, keluar dari kubah kesedihan yang diciptakan rasa sedih akan penolakan.

4. Waspada Terhadap Mixed Signal

Ini yang sering terjadi, nih. Meskipun kamu tahu kalian tidak akan bisa bersama, kamu seringnya terlalu fokus pada hal-hal yang menenangkan hati seperti ketika mereka memujimu, menanyakanmu hal-hal kecil, atau gestur lainnya yang mungkin saja disebabkan oleh fakta bahwa dirinya adalah orang baik.

Kamu denial terhadap pertanda yang lebih banyak bahwa dia dan kamu tidak akan bisa bersatu. Stop, hentikan itu!

Kamu akan terus menganggap bahwa “sesuatu masih bisa terjadi” padahal terkadang, sudah ada lebih dari cukup bukti yang mengatakan bahwa kamu harus segera mulai move on darinya, karena kalian tidak akan berakhir menjadi sesuatu.

Baca Juga Move On: Proses Yang Tidak Mudah Tapi Pasti

5. Kamu Cemburu… Tapi Kamu Siapa?

Ugh, jujur aku tidak suka kalimat itu karena it hits home. Oke, kalau begitu, aku rasa sudah cukup pembicaraan kita tentang move on dari dia yang tidak pernah kita miliki.

Kuncinya adalah untuk menerima. It takes time, I know, tapi niscaya ketika kamu berhasil mengetahui apa yang benar-benar kamu inginkan dari seseorang, kamu akan menemukan orang baru yang dapat menyembuhkan luka yang ada dalam hatimu.

Coba Juga: Tes Love Language

Kamu merasa kesulitan dalam menyembuhkan rasa sakit hati? Untungnya, aku sudah menulis tentang hal tersebut, bisa kamu baca di sini!

Tidak pernah mudah bagi kita untuk menghadapi penolakan, namun aku harap kamu terus berusaha, ya! Akhir kata, semoga tulisanku ini berguna!

Mentoring-5

Referensi

Barth, F. D. (2015, February 7). 6 Ways to Get Past the Pain of Unrequited love. Retrieved from Psychology Today: https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-couch/201502/6-ways-get-past-the-pain-unrequited-love

Buckley, D. (2020, October 9). The Paradox Of Getting Over Someone You Never Dated | How Getting Over Someone You Never Dated Is Just As Painful As A Break-Up. Retrieved from betterhelp: https://www.betterhelp.com/advice/relations/the-paradox-of-getting-over-someone-you-never-dated/

Emery, L. R. (2018, March 20). How To Get Over Somebody You Never Actually Dated. Retrieved from Bustle: https://www.bustle.com/p/how-to-get-over-someone-you-never-dated-according-to-experts-8548639

Raypole, C. (2019, November 21). Dealing With Unrequited love. Retrieved from healthline: https://www.healthline.com/health/unrequited-love

Streep, P. (2014, September 11). 5 Strategies to Help You Move on. Retrieved from Psychology Today: https://www.psychologytoday.com/us/blog/tech-support/201409/5-strategies-help-you-move

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.