Fakta Menarik Kepribadian INFP: Sering Dianggap Baik, Tapi Juga Aneh?

Pemahaman Diri
Arief Fadillah
7 Jan 2022
kepribadian INFP - fakta INFP - MBTI INFP
Satu Persen - Fakta Menarik Kepribadian INFP

Halo, halo, halo! Apa kabar, Perseners? Semoga baik-baik saja, ya. Kenalin nama gua Arief, Part-time Blog Writer di Satu Persen

Perseners, kalo boleh nanya, kalian pernah ga sih kenalan sama orang yang keliatannya dingin, pendiem, dan misterius? Tapi anehnya, ketika lo udah deket ternyata dia orangnya suka bercanda, kekanak-kanakan, atau bahkan manja sama lo? Pokoknya, berubah 180 derajat gitu, deh.

Jadi, akhir-akhir ini banyak banget nih yang lagi ngebahas tentang tipe kepribadian MBTI. Dalam perjalanan dan cerita hidup, kalian pasti pernah memiliki teman yang mempunyai kepribadian INTJ, ESFP, ESFJ, INFJ, atau 12 tipe kepribadian lainnya. Setiap kepribadian memiliki keunikannya masing-masing yang bikin kita terkadang harus berhati-hati dengan sikap dan perilaku kita terhadap mereka.

Kali ini gua mau membahas tentang INFP, salah satu kepribadian MBTI yang menurut gua unik banget. Dan ternyata, ada banyak banget nih fakta menarik tentang kepribadian INFP ini. Jadi, gua harap artikel ini bakal berguna buat lo yang termasuk tipe kepribadian ini atau bahkan lagi PDKT dengan para INFP. Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: Apa Itu MBTI? Mengenal 16 Kepribadian Manusia (Ada Tes Gratis!)

Apa itu Kepribadian INFP?

INFP adalah tipe kepribadian dari Introversion (I), Intuition (N), Feeling (F), dan Perceiving (P). Tau gak sih, orang dengan kepribadian ini biasa disebut The Mediator atau Healer? Para INFP biasanya memiliki kemampuan dalam memahami emosi orang lain. Karenanya, hal ini membuat mereka sangat senang membantu orang lain yang sedang memiliki masalah atau konflik.

fakta INFP - kepribadian INFP - MBTI INFP
Source: imgflip.com‌

Introversion (I), orang yang memiliki sifat ini tidak terlalu suka dengan keramaian dan lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Selain itu, mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan orang tertentu yang dianggap dekat dengannya. Hal ini dikarenakan mereka cenderung pendiam dan tertutup.

Intuition (N), para INFP biasanya lebih mengedepankan konsep dan ide. Mereka lebih mendahulukan gambaran besar tanpa memikirkan hal kecil lebih dulu. Namun, INFP tetap bisa sangat teliti apabila sedang mengerjakan sesuatu.

Feeling (F), lebih mengutamakan feeling dalam mengambil keputusan membuat para INFP menjadi emosional dan lebih memilih menghindari suatu konflik.

Perceiving (P), yang berarti lebih fleksibel dan lebih sering spontan dalam mengambil keputusan. Hal ini dikarenakan para INFP bisa dengan cepat beradaptasi. Namun, para INFP biasanya cenderung tetap berhati-hati terhadap perubahan.

Penjelasan mengenai 4 dimensi tersebut sangat banyak dan berbeda-beda. Tapi, gua rangkum semua menjadi seperti itu. Kalo lo pengen tau, lebih lanjut tentang Tes Kepribadian MBTI, lo bisa coba tonton video dari YouTube Satu Persen di bawah ini, ya!

YouTube Satu Persen - Apa Itu Tes Kepribadian MBTI?

Fakta Menarik tentang INFP

1. INFP adalah pendengar terbaik

Mendengarkan adalah salah satu keahlian sederhana, namun sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Dan menjadi pendengar yang baik sebenarnya bukan hal yang mudah.

Misalnya nih, mungkin ketika lo bercerita tentang pengalaman hidup ke temen lo, mereka akan memotong cerita lo atau memberi masukan kepada lo. Padahal terkadang lo tidak ingin mendapatkan masukan atau bahkan respons sama sekali. Lo benar-benar cerita karena hanya ingin didengar.

Nah, orang dengan kepribadian INFP adalah tempat ternyaman buat lo untuk bercerita, mulai dari cerita yang ringan bahkan ke topik yang berat. Hal ini dikarenakan para INFP melibatkan semua wilayah neocortex ketika mendengarkan seseorang.

2. INFP senang berimajinasi

Dalam hal berimajinasi, INFP bisa dibilang juaranya. Walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa kepribadian lain juga senang dalam berimajinasi, namun dalam hal ini terkadang para INFP dapat menciptakan suatu karya yang tidak terduga. Mereka mahir dalam membuat ide karena bagi mereka suatu ide adalah hal paling berharga yang ada di dunia.

kepribadian INFP - fakta INFP - MBTI INFP
Source: 9gag.com


INFP dikenal cenderung menciptakan imajinasi yang dibuat sesuai dengan suasana hati mereka. Karenanya, hal ini membuat kebanyakan dari para INFP cenderung lebih unggul dalam menulis, bermusik, melukis, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tes MBTI: Gimana Cara Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian Kita?

3. INFP adalah seorang pengamat

Orang yang memiliki kepribadian INFP kebanyakan adalah orang yang pendiam ketika berada di antara orang banyak. Mereka akan berbicara hanya dengan orang-orang tertentu yang mereka anggap dekat, namun bukan berarti mereka tidak peduli dengan sekitarnya. Tanpa lo sadari, mungkin INFP sedang memperhatikan gerak-gerik dan omongan lo tanpa memberitahu ke siapa pun.

Ketika sedang mengamati seseorang, INFP akan menilai kebaikan hati lo dengan cepat entah dari cara lo bertindak, memperlakukan orang lain, atau bahkan dari cara lo menyapa mereka.

4. INFP adalah penyembuh luka emosional

Setiap manusia memiliki masalah hidupnya masing-masing. Luka emosional yang tumbuh pada diri seseorang dapat terjadi karena hal-hal yang tidak terduga. Nah, kepribadian yang mempunyai julukan “The Healer” ini sangat peduli dengan kehidupan emosional batin orang lain. Karenanya, para INFP dengan sepenuh hati akan berusaha membantu ketika lo berada dalam suatu masalah.

Kemampuan INFP untuk menyembukan luka emosional lo muncul dari pemahaman mendalam mereka mengenai emosi, sifat peduli, dan kemampuan mereka untuk melihat sesuatu dari perspektif yang unik dan tidak terduga.

5. INFP adalah orang yang aneh

Kebanyakan orang menganggap INFP adalah orang yang aneh atau sangat sulit untuk dimengerti. Sangat tidak diragukan apabila INFP memiliki suasana hati yang dapat berubah sangat cepat. Hal tersebut dikarenakan mereka lebih sering mengikuti suasana hati yang sedang mereka rasakan.

fakta INFP - kepribadian INFP - MBTI INFP
Source: Steemit.com‌

Ketika lo lagi bersama dengan INFP, mereka bisa menjadi yang paling aktif daripada yang lain. Tapi, jangan kaget kalo kurang dari 5 menit mereka justru akan menjadi paling pasif. Mereka memiliki pola pikir abstrak yang membuat mereka dapat memikirkan sesuatu hal yang menentukan suasana hati mereka secara mendadak.

Nah, ini fakta yang menurut gua paling menarik dari kepribadian INFP. Kalo lo belum tau dan penasaran tentang kepribadian lo, bisa cobain Tes Kepribadian MBTI yang bisa diakses gratis dari Satu Persen.

Dan buat lo yang memiliki kepribadian apapun itu dan merasa sulit banget untuk memahami diri lo sendiri, jangan ragu untuk ikut layanan mentoring di Satu Persen, ya. Karena selain berpengalaman, mereka juga sangat ahli dan bakal membantu lo sebaik mungkin, loh. Cari tau buat layanan ini gampang banget, lo tinggal klik banner di bawah ini.

Mentoring-5

Terima kasih udah meluangkan waktu untuk baca artikel ini. Jangan lupa baca artikel lain di blog Satu Persen yang ga kalah menarik dan mendidik, ya. See you next time!

Referensi:

S, Susan. (2017). 10 Surprising Truths About INFPs. psychologyjunkie.com

https://www.psychologyjunkie.com/2017/06/08/10-surprising-truths-infps/

G, Jenn. (2018). 12 Secrets of The INFP Personality Type. intovertdear.com

https://introvertdear.com/news/10-type-secrets-of-the-infp/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.