Kenali Tips Menggunakan Teknik Pomodoro, Teknik Belajar Efektif

Produktivitas
Fathur Rachman
11 Feb 2022
tips menggunakan teknik pomodoro
Satu Persen - Teknik Pomodoro

Siapa di antara kalian yang susah buat fokus belajar? Tentunya waktu yang dipakai akan terbuang sia-sia ketika informasi ngga masuk ke dalam memori kita. Salah satu penyebab kurangnya fokus belajar adalah tingkat konsentrasi yang rendah.

Alhasil, waktu yang seharusnya terpakai untuk belajar malah terpakai untuk hal lain. Selain itu, dampaknya akan membuat kita lebih lama untuk memahami buku yang sedang kita pelajari.

teknik pomodoro
Sumber: memecreator.com

Eits, tapi tenang karena semua itu bisa diatasi ketika kalian mengenal tips belajar efektif dengan teknik pomodoro. Teknik pomodoro ini dikenal ampuh dalam  membantu masyarakat memaksimalkan manajemen waktu yang ada. Entah dalam hal belajar maupun  pekerjaan.

Nah, kali ini, aku Fathur sebagai Blog Writer Satu Persen akan menjelaskan sedikit tentang teknik pomodoro ini, mulai dari pengertian hingga cara melakukannya untuk sehari-hari. Yuk, simak langsung!

Baca juga: Strategi Jitu Atur Waktu, Tips Time management

Apa itu Teknik Pomodoro?

apa itu teknik pomodoro
Sumber: experience.dropbox.com

Teknik pomodoro ditemukan oleh Francesco Cirillo pada awal 1990-an. Sejak tahun itu, teknik pomodoro ini mulai dikenal di masyarakat karena terbukti efektif untuk mengatur waktu orang-orang.

Metode pomodoro menjelaskan bahwa setiap serangkaian tugas dapat dibagi lagi menjadi beberapa jeda waktu yang lebih singkat. Masing-masing tugasnya dapat dipisahkan melalui metode istirahat sebelum dilanjutkan kembali.

Adanya istirahat memperlihatkan bahwa otak kita pun memiliki keterbatasan setelah beraktivitas cukup lama. Maka dari itu, jangan lupa untuk istirahat sejenak.

Coba deh bayangkan: otakmu diporsir secara terus menerus, sudah pasti kamu akan kelelahan tanpa memiliki cara terbaik untuk mengaturnya. Maka dari itu, pomodoro berfungsi untuk membuat waktu terasa lebih memiliki arti.

5 Tips Melakukan Teknik Pomodoro

Nah, buat yang bertanya gimana cara menerapkan teknik pomodoro, berikut aku berikan beberapa tahapan penting yang kamu perlu coba, Perseners!

1. Siapkan alat-alat pendukung dan tempat yang nyaman

siapkan alat pendukung dan tempat yang nyaman
Sumber: nextiva.com

Dalam teknik pomodoro, hal pertama yang harus disiapkan adalah alat-alat pendukung untuk belajar atau bekerja. Contohnya, aplikasi pomodoro yang bisa diunduh di smartphone masing.masing. Aplikasi ini akan otomatis mengatur seberapa lama waktu yang akan kamu pakai. Tak hanya itu, kamu juga bisa memakai timer biasa untuk mengecek berapa lama kamu belajar.

Begitu pula persiapan lainnya seperti mencari tempat yang nyaman untuk belajar adalah sama pentingnya. Misalnya, kamu belajar di ruangan pribadi yang jauh dari banyak orang. Jangan lupa untuk menjauhkan hal-hal yang membuatmu terdistraksi.

Baca Juga: Gaya Belajar: Kenali 4 Macam Gaya Belajar untuk Mengatasi Rasa Malas

2. Prioritaskan hal yang ingin dipelajari

Selanjutnya, kamu bisa memilah tugas mana yang akan kamu selesaikan pada setiap sesi pembelajaran. Cobalah untuk fokus mengerjakan satu tugas dalam satu waktu tertentu. Hal ini bertujuan agar kamu ngga mendapatkan gangguan dari tugas-tugas lainnya dalam waktu yang bersamaan.

Kamu juga bisa menyusun skala prioritas untuk memilih mana pembelajaran yang dibutuhkan terlebih dahulu. Daftar penyelesaian prioritas tersebut bisa dijadikan tolak ukur pencapaian dari hasil target pembelajaran .

3. Tentukan jarak waktu istirahat dan belajar yang tepat

tentukan jarak waktu belajar dan istirahat
Sumber: ardisaz.com

Dalam metode pomodoro, pembagian jangka waktu yang disarankan oleh Cirilo adalah  25 menit untuk fokus belajar, lalu beristirahat selama 5 menit. Namun,  kamu sendiri juga bisa menentukan seberapa lama periode belajar dan istirahat yang dibutuhkan. Ditambah, hal ini bisa disesuaikan dengan waktu yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Selain itu, waktu yang digunakan dalam teknik pomodoro juga bisa bergantung pada banyaknya materi yang dipelajari. Hal ini dilakukan demi menghindari pemborosan waktu yang  terpakai.

Jika materi yang dibaca hanya sedikit, maka kamu bisa mengurangi waktu dari teknik pomodoro-nya. Misalnya kamu mencoba untuk fokus selama 15 menit, sedangkan istirahat hanya butuh waktu 5 menit saja.

4. Istirahat dengan benar

Jika kamu telah belajar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka saatnya kamu beristirahat dengan benar. Teknik pomodoro menyarankan untuk melakukan istirahat berkala dengan meninggalkan tempat kerja yang telah dipakai.

Hal ini bertujuan agar kamu mampu mendapatkan suasana baru yang membuatmu lebih tenang dan nyaman. Selain itu, kamu juga bisa pakai waktu istirahat untuk mengambil cemilan atau pergi ke kamar mandi.

5. Ulangi teknik pomodoro sebanyak empat kali

ulangi teknik pomodoro
Sumber: twitter.com

Setelah menentukan jarak waktu pembelajaran dan istirahat, kamu bisa melakukan teknik pomodoro ini secara berulang kali. Coba ulangi pola pembelajaran ini selama empat kali berturut-turut.

Tujuannya agar kamu bisa terbiasa dengan teknik ini dalam pembelajaranmu sehari-hari. Ketika selesai, kamu bisa mengambil istirahat yang lebih panjang, berkisar antara 20-30 menit.

Atasi Gangguan Fokus dengan Mentor Satu Persen

atasi gangguan fokus
Sumber: memegenerator.net

Komitmen adalah hal penting untuk memantapkan pemikiran kita. Begitu pula berkomitmen dari semua gangguan ketika belajar. Dengan melakukan komitmen kecil kepada satu tugas, akan membuat seseorang lebih mudah untuk memulainya.

Ingatlah bahwa teknik pomodoro merupakan sistem manajemen waktu yang bisa membuat kamu lebih fokus. Oleh karena itu, cobalah untuk mempraktekannya dengan benar sesuai cara yang sudah dibahas sebelumnya.

Orang dengan tingkat fokus yang tinggi cenderung memiliki produktivitas yang baik. Buat yang penasaran sama tipe produktivitas diri sendiri, yuk coba tes ini.

Tapi, jika kamu masih susah fokus ketika belajar, mungkin waktunya untuk melakukan mentoring dengan Satu Persen. Melalui mentoring ini, kamu akan mendapatkan asesmen dan kumpulan worksheet untuk menemukan solusi yang tepat dalam strategi pembelajaran.

Kamu bisa langsung aja KLIK banner di bawah ini, ya!

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Buat yang pengin tahu lebih lanjut soal teknik pomodoro, kamu bisa juga menonton video di YouTube Satu Persen tentang alasan utama kita susah untuk fokus. Langsung aja yuk tonton!

Akhir kata, aku Fathur Rachman dari Satu Persen mengucapkan selamat menjalani #Hidupseutuhnya. Semoga tulisan ini berguna ya buat kalian, Perseners!

Referensi:

Henry, A. (n.d.). Productivity 101: An Introduction to The Pomodoro Technique. Lifehacker.Com. https://lifehacker.com/productivity-101-a-primer-to-the-pomodoro-technique-1598992730

Boogard, K. (n.d.). Take It From Someone Who Hates Productivity Hacks—the Pomodoro Technique Actually Works. Themuse.Com. https://www.themuse.com/advice/take-it-from-someone-who-hates-productivity-hacksthe-pomodoro-technique-actually-works#:~:text=The Pomodoro Technique is a,separated by five-minute breaks.&text=After about four pomodoros%2C you,about 15 to 20 minutes

Almalki, K., Alharbi, O., Al-Ahmadi, W., & Aljohani, M. (2020). Anti-procrastination online tool for graduate students based on the pomodoro technique. In Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics): Vol. 12206 LNCS. https://doi.org/10.1007/978-3-030-50506-6_10

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.