Langkah Pertama buat Jadi Sehat Mental

Kesehatan Mental
Ocky Jhon
18 Sep 2023

Kita mungkin sering dengar kalo sehat itu gak cuma sehat secara fisik saja tapi juga sehat secara mental. Sebagian besar dari kita mungkin juga udah tahu cara biar kita sehat secara fisik itu gimana. Bisa dengan makan makanan bernutrisi, minum air putih agar tetap terhidrasi, olahraga biar tubuh tetap bugar atau rutin mengkonsumsi vitamin.

Hal-hal tadi itu udah sering kita dengar atau praktekin juga sehari-hari. Tapi pernah gak sih lo bertanya-tanya cara biar sehat secara mental itu gimana Atau mungkin lo udah tahu, tapi bingung cara mulai biar sehat mental itu gimana? Kali ini kita akan bahas gimana sih caranya biar kita bisa sehat mental dan cara mulainya itu gimana.

Pastiin lo baca artikelnya sampai habis biar lo bisa nemu langkah pertama buat jadi sehat mental.

Sebenarnya yang dimaksud dengan sehat mental itu apa sih?

Nah, menurut WHO sendiri sehat mental adalah suatu kondisi dimana individu sadar akan kesejahteraan psikologis dirinya dan punya kemampuan untuk mengelola stres yang wajar, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan aktif di lingkungannya.

Sebenernya sehat mental ini tuh gak gitu aja, tapi cakupannya itu luas banget dan banyak hal yang perlu dipahami tentang ini. Tapi buat kita yang baru mau mulai, kita coba dari satu hal ini aja dulu.

Jadi, ada teori yang dikembangkan oleh Carol Ryff yaitu Psikolog dari Amerika Serikat yang nyinggung tentang cara ngebentuk kesejahteraan psikologis individu biar sehat secara mental. Nama teorinya itu Six model of Psychological Well-being atau 6 model untuk bisa sehat mental secara psikologis.

Seperti namanya, dalam teori ini ada 6 aspek yang bisa ngebantu kita buat mencapai kesehatan mental tadi.

Keenamnya bisa lo lihat gambar ini dan kali ini kita bakal bahas Self-Acceptance dulu, terus yang lainnya bakal kita bahas di artikel lainnya.

Self-acceptance atau penerimaan diri bisa diartikan dimana kita dapat menerima semua hal baik itu positif atau negatif yang ada pada diri kita entah itu penerimaan tentang keadaan fisik sampai kemampuan yang ada dalam diri kita.

Self-Acceptance ini bukan cuma sekedar kita menerima aja semua hal tentang diri kita. Tapi juga tentang gimana lo bisa berdamai dengan kegagalan yang lo alami juga akan segala pencapaian lo.

Artinya disini, lo gak cuma mandang hidup ini tuh cuma sebuah hasil yang kalo lo gak berhasil berarti ya gagal. Tapi hidup dan diri lo saat ini adalah sebuah proses yang mana tiap orang perkembangannya itu beda-beda, ada banyak faktor yang mempengaruhinya gitu.

Ini bisa jadi jawaban buat lo yang bertanya-tanya kenapa dimulainya dari Self-Acceptance, karena selain bisa ngebantu kita sehat secara psikologis, self acceptance ini ngebantu kita buat self-love.

Self-love itu sendiri perlu ada untuk kita bisa lebih mengenal dan menerima keadaan diri kita sehingga kita tuh bisa ngembangin diri kita kearah yang tepat dan positif. Nah biasanya sih, self-love ini lebih mudah buat tercapai ketika kita sudah menerima diri kita secara utuh dan apa adanya.

Ketika lo udah ngembangin Self-Acceptance ini, lo biasanya bakal lebih siap kalo ada tantangan yang datang ke diri lo. Karena ya balik lagi, hal yang lo kerjain ini hanyalah sebagian kecil dari hidup lo gitu.

Diri lo nggak hanya didefinisikan dari apa yang lo lakuin saat ini tapi dengan banyak hal lainnya. Jadi ketika hal yang lagi lo lakukan ini gagal, lo bukan berarti kehilangan seluruh dunia lo, begitu pun kalo ini berhasil bukan berarti lo bakal stop berkembang sampe sini aja.

Selain itu, orang-orang yang udah punya Self-Acceptance dalam dirinya itu cenderung bergerak lebih cepat ketika dia ngadepin suatu masalah.

Alasannya ya karena individu yang punya Self-Acceptance tinggi udah bisa nerima semua aspek dalam dirinya dan tahu harus gimana cara mengatasinya, jadi ketika ada masalah dia udah tahu cara buat nyelesain masalahnya sesuai dengan kondisi dia.

Misal nih, lo adalah tipikal orang yang gak kuat buat begadang karena kalo dipaksain bisanya saat bangun lo bakal pusing. Nah ketika ada tugas yang deadlinenya dikumpul besok dan lo baru dapat informasinya malam hari gitu.

Nah kalo di situasi ini ada dua tipe orang yang punya self-acceptance rendah dan tinggi, bakal berasa banget perbedaannya.

Buat orang yang self-acceptance nya tinggi, dia tahu kalo dia gak bisa begadang dan kalo dipaksa pun hasil dari tugasnya juga gak bakal prima.

Jadi alih-alih dia begadang dengan resiko bangun pagi hari dengan keadaan gak fresh dan gak puas sama hasil tugasnya. Dia bakal lebih milih buat tidur dan bangun lebih awal biar bisa ngerjain tugas dengan keadaan yang lebih fresh.

Sedangkan orang yang mungkin self-acceptance nya rendah, alih-alih berpikir gimana biar dia bisa ngerjain tugas dengan baik, biasanya bakal disibukkan dengan mengkritik diri sendiri, kayak “duh, kenapa sih gue gak bisa begadang kayak yang lainnya” “kenapa sih gue harus ada tugas buat besok” dan banyak kenapa lainnya, sampai malah lupa gimana cara ngatasin masalah yang ada.

gimana caranya biar bisa mulai buat ningkatin self-acceptance itu?

Yang paling pertama dan utama adalah mengenali diri kita sendiri dulu secara luar dan dalam.

Penting banget buat kita mengenal diri dulu baru mulai menerimanya. Emang sih, pas kita mencoba untuk mengenal diri mungkin awalnya bakal susah tapi gapapa pelan-pelan aja.

Kalo mungkin lo bingung “sebenernya gue ini gimana” “cara buat kenal diri gue gimana”. Mulai aja dulu dengan cara paling sederhana dengan ambil kertas dan alat tulis terus ya lo tulis aja.

Nah lo bisa disini tulis lo orangnya kayak apa, kondisi tubuh lo kayak apa, kalo lagi stres lo ngapain atau sesimple rutinitas apa sih yang wajib banget lo lakuin di pagi atau malam hari.

Dari tulisan lo tadi, lo bisa mulai ngeraba-ngeraba diri lo yang sebenernya itu kayak apa. Dan lo udah bisa mulai kenalan sama diri lo sendiri sebenarnya orang yang kayak gimana sih.

Setelah lo mengenal diri lo sendiri, baru disini lo bisa mulai buat nerima diri lo. Bukan cuma diri positif lo tetapi hal negatifnya juga. Menerima disini bukan bilang “kenapa ya gue punya kelemahannya ini?” tapi lebih ke, “Oh oke gue punya kelemahan ini ya, kira-kira apa yang bisa gue lakuin buat ngurangin ini ya?”

Oke, itu tadi langkah pertama yang bisa kita lakuin biar jadi sehat mental. Semoga dengan artikel ini lo bisa mulai menerima diri sendiri paling enggak satu persen tiap harinya. Sekian dan semoga ini bermanfaat.

Gue Jhon dari Satu Persen, Thanks!

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.