Metode KonMari: Filosofi Beberes ala Marie Kondo untuk Mengatur Hidup

Filosofi
Angeline Harjono
3 Jan 2022
cara mengatur hidup dengan metode konmari marie kondo
Satu Persen - Metode KonMari untuk Mengatur Hidup

Hai, Perseners! Gue Angel, Blog Writer di Satu Persen yang bakal nemenin kalian selama beberapa menit ke depan. Kali ini, gue akan fokus membahas metode KonMari, yakni filosofi beberes ala orang Jepang.

Tentunya, semua orang pengin hidup yang rapi dan teratur, ya. Namun, nggak menutup kemungkinan lo bisa aja merasa tersesat dalam hidup. Rasanya seolah lo udah lupa sama tujuan hidup awal yang telah ditetapkan.

Hal ini juga tercerminkan pada pengaturan gaya hidup masing-masing orang. Contohnya, jika lo gak terbiasa membuat rencana suatu acara, kemungkinan proses dan hasilnya bisa berputar ke mana-mana. Sebaliknya, rencana yang teratur bisa memaksimalkan proses dan hasil acara sesuai kebutuhan.

cara mengatur hidup - marie kondo
Source: BuzzFeed

Faktanya, ada beberapa orang yang masih belum menerapkan hidup rapi dan teratur. Lantaran, ada dua kategori penyebab utama, yakni nggak bisa dan nggak mau. Gimana maksudnya, ya?

Mark Banschick, M.D., ahli psikiater anak dan dewasa, menjelaskan bahwa terdapat 4 alasan besar mengapa orang masih belum menjalani hidup yang teratur. Beberapa alasan yang masuk kategori pertama berkisar mulai dari kurangnya pengetahuan, kurangnya waktu, dan kurangnya alat yang memadai. Sementara, alasan pada kategori kedua disebabkan oleh rasa enggan untuk melakukannya.

Nah, di sinilah peran metode KonMari yang mampu membantu mengatur hidup seseorang lebih maksimal. Metode ini memiliki langkah-langkah yang berurutan sehingga lo nggak perlu kebingungan buat melakukannya. Kalau udah siap, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa itu Metode KonMari?

marie kondo - cara mengatur hidup
Source: Pinterest.com

Istilah ‘KonMari’ merupakan gabungan dari nama pendiri, yakni Marie Kondo yang bekerja sebagai konsultan kebersihan profesional di Jepang. Dasarnya, Marie membuat metode beberes ini yang mengatur beragam barang sesuai kategorinya. So, lo nggak perlu kewalahan merapikan beragam barang dari satu kamar ke kamar lainnya.

Akan tetapi, tujuan utamanya bukan hanya untuk menghasilkan ruangan yang rapi, melainkan memilah barang yang kurang berharga. Dengan ruangan yang sepenuhnya bermakna tanpa hambatan, ia percaya bahwa hidup seseorang akan terasa lebih bahagia dan sejahtera. Alhasil, lo bisa mengatur hidup lebih mudah dan maksimal.

Berikutnya, kita bakal menelusuri lebih dalam kenapa metode konmari itu berhasil diikuti oleh banyak orang demi hidup yang teratur.

Baca Juga: Memahami Tujuan Hidup: Cara Merencanakan dan Bagaimana Mencapainya

Manfaat Metode KonMari untuk Hidup Teratur

cara mengatur hidup - Marie Kondo
Source: eBaumsWorld

1. Perencana hidup yang andal

Untuk memulai rutinitas baru, selalu bayangkan dan rencanakan hasil idealnya dahulu. Itu pula yang dilakukan dalam metode KonMari ini. Jadi, jangan sembarang melompati langkah pertama yang penting ini.

Coba pertimbangkan beberapa hal berikut: Kira-kira keseharian lo bakal seperti apa? Siapa yang akan berada di sekitar lo? Bagaimana kondisi mental diri sendiri? Oleh sebab itu, metode milik Marie ini juga bisa terbilang perencana hidup yang andal.

2. Mengembangkan kemampuan pembuatan keputusan

Ingat, metode KonMari ini mengutamakan kategori barang, bukan lokasi penempatan barang. Justru, membereskan barang sesuai kamar bakal menyulitkan proses pemisahan. Akibatnya, lo jadi bingung sendiri dengan pemilihan barang yang betul-betul penting.

Urutan proses beberes ini merupakan resep kesuksesan utama dalam metode Marie. Mulai dari kategori yang paling mudah hingga paling sulit. Otomatis, lo pun bisa mengembangkan kemampuan dalam pembuatan keputusan, nih.

3. Meningkatkan fokus pada kerjaan utama

Dibandingkan metode lainnya, Marie menjunjung teknik proses pemilahan barang yang lebih pantas untuk disimpan. Maka dari itu, lo juga bakal bisa belajar meningkatkan fokus pada kerjaan utama di antara ribuan kerja lainnya. Gimana caranya, tuh?

Berikut ini urutan langkah pemilahan tugas sesuai metode KonMari:

  • Pilah  tugas-tugas secara satu per satu.
  • Tanyakan pada diri sendiri terkait makna dan dampak tiap tugas.
  • Jika lo ngerasa prioritas tugas ini lebih tinggi, lakukan dahulu. Sebaliknya, simpan dan tunda nanti ketika tugas nggak bersifat darurat.
Cara mengatur hidup - marie kondo
Source: Memedroid

4. Mengembangkan rasa syukur terhadap segala hal

Berbeda dengan proses pemilahan biasa, Marie menganggap metode ini sebagai perpisahan yang spesial atas barang-barang yang bakal ninggalin rumah. Pasalnya, lo juga sempat menerima banyak pelajaran dan pengalaman dari pemakaian barang tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mengucapkan rasa syukur dan terima kasih ketika melepaskannya.

5. Menetapkan goals hidup yang tepat

Terakhir, Marie mengajak kita untuk menentukan penempatan tiap barang yang tepat. Cukup simpan barang yang serupa bersama dan buat penataannya tampak simpel. Sama halnya dengan pemilihan goals, usahakan untuk menetapkan tujuan yang masih sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai menentukan goals yang justru terlalu ambisius atau luar biasa.

Baca Juga: Filosofi Teras untuk Belajar Menjadi Manusia

Cara Menerapkan Metode KonMari dalam Mengatur Hidup Sehari-hari

cara mengatur hidup - marie kondo
Source: ifunny.com

1. Bayangkan hidup yang ideal

Pertama, bayangkan hidup yang ideal ala diri sendiri dahulu. Coba pikirkan setiap tujuan hidup dan lakukan evaluasi terkait alasannya. Misalnya, tujuanmu adalah menulis setiap hari. Sementara, alasannya adalah karena lo ingin menjadi penulis yang andal.

2. Rencanakan urutan tujuan yang tepat

Layaknya memilah barang per kategori, lo juga bisa melakukan hal yang sama dalam mengatur hidup. Terkait jenis kategori, lo bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan diri sendiri. Contohnya, kategori karier yang terdiri dari magang, freelance, dan full-time. Lalu, tentukan mana yang mau kamu capai dulu.

3. Refleksikan setiap pilihan

Marie menyebutkan metode merapikan barang ini sebagai kegiatan yang bersifat personal. Lantaran, lo sendiri yang paling tahu karakteristik kamar dan segala isinya. Makanya, lo harus melakukan segalanya sendiri.

Dalam mengatur hidup, jangan lupa juga untuk merefleksikan setiap pilihan. Ini adalah hidup yang lo sendiri jalani. Sebaiknya hindari pendapat pihak luar yang mampu membuat lo goyah.

cara mengatur hidup
Source: ifunny.com

4. Terapkan mindset yang terbuka

Secara umum, Marie mengajarkan metode pemilahan barang secara fisik. Akan tetapi, teknik ini juga bisa mengajarkan lo untuk menerapkan mindset yang terbuka. Terutama, ketika dunia nggak selalu sama dari tahun ke tahun. Jadi, jangan ragu untuk membuka diri ke hal-hal baru, ya.

5. Terima segala perubahan hidup

Selain itu, metode KonMari ini juga mampu mengubah pengaturan hidup menjadi lebih baik lagi. Khususnya, ketika lo berhasil merelakan sesuatu untuk memulai perjalanan baru. Oleh sebab itu, coba nikmati setiap proses dan terima perubahan yang muncul dalam hidup. Nantinya lo bakal bisa mengatur hidup lebih maksimal.

Mulai Atur Hidup Lo bareng Mentor Berpengalaman

Perseners, it’s okay kalau lo merasa belum mahir dalam mengatur hidup sendiri. Banyak orang lain pun merasakan hal yang sama. Biar proses pembelajarannya makin mantap, lo bisa banget berkoneksi dengan para mentor berpengalaman.

Nih, Satu Persen siap menyediakan layanan mentoring online buat lo. Nanti lo juga bisa mendapatkan asesmen dan kumpulan worksheet untuk menemukan solusi yang tepat. Langsung aja klik banner di bawah ini, ya!

Mentoring-5

Kalau lo masih ragu buat ikut mentoring, apakah mentoring ini cocok dan sesuai sama kebutuhan lo, lo bisa coba ikut tes konsultasi dulu. Kalau kalian penasaran tips lainnya dalam mengatur hidup, cek video dari YouTube Satu Persen di bawah ini, ya. Di sini, lo bakal belajar bagaimana memahami sekaligus merencanakan tujuan hidup lebih dalam.

YouTube Satu Persen - Tips Merencanakan Hidup

Sekian dulu sampai sini. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya. See you next time!

Referensi:

Garrity, A. (2019). What is The KonMari method? Here’s How to Declutter The Marie Kondo Way. Goodhousekeeping.com. https://www.goodhousekeeping.com/home/organizing/a25846191/what-is-the-konmari-method/

KonMari Philosophy. Why the KonMari Method Works. Konmari.com. https://konmari.com/what-is-konmari-method/

Kaplan, J. (2020). What Is The KonMari Method? Thespruce.com. https://www.thespruce.com/the-konmari-method-4138610

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.