Minder Saat Ngedeketin Gebetan Itu Tidak Baik!

Hubungan
Nouvend Setiawan
24 Des 2020
Minder sama gebetan

Halo! Apakah Perseners punya gebetan? Kalau punya, tulisan ini cocok buat kamu yang punya gebetan, tapi kayaknya gebetannya cantik banget, ganteng banget, pinter, kaya, macem-macem deh, pokoknya yang bikin kamu merasa kayak butiran debu di hadapannya.

Kok bisa sih ada orang sesempurna itu? Kok bisa sih dia cakep banget?

Kamu jadi minder sendiri padahal dia tuh gebetanmu, orang yang harusnya kamu deketin dengan segala usaha agar dirimu terlihat bagus di matanya.

Tapi karena minder, kamu malah gak jadi deketin dia. Malah menjauh karena mikirnya “Aku gak sepantas itu buat dia” atau “Aku mah apa atuh”.

Itu bukan hal yang bagus, loh! Mari kita bahas mengenai perasaan minder saat mendekati gebetan ini!

Minder tuh tricky!

Yep, perasaan minder ini sebenarnya agak tricky. Kamu merasa bahwa kamu gak pantas buat dia. Terus apa yang kamu lakuin? Kemungkinan besar kamu akan menjauh, walaupun sudah beberapa lama PDKT. Alasannya? “Biar dia dapat yang lebih baik dari aku”.

Baca Juga: Apa Arti PDKT? Tips Untuk Memulai Hubungan

Terdengar mulia banget, ya. Tapi kamu harus tahu, tindakan itu berarti bahwa kamu gak memikirkan tentang gebetanmu sebanyak yang kamu kira. Kamu mengesampingkan fakta bahwa gebetanmu bisa mengambil keputusan sendiri.

Kalau kamu kutanya, “Siapa yang bilang kamu gak pantas buat dia?”

Kurasa jawabannya akan sangat banyak berasal dari dirimu sendiri. Meskipun kamu berpikir tujuannya mulia, perilaku ini sangat gak disarankan karena ini gak melibatkan komunikasi yang sehat.

Kamu mengambil keputusan sendiri tanpa memikirkan perasaan gebetanmu yang mungkin gak berpikiran sama denganmu.

Lalu gimana kalau kamu akhirnya tetap mendekati gebetanmu?

Kamu akan merasa bahwa dia memilih pilihan yang salah karena tetap bersamamu, dan jika perasaan mindermu ini terlalu besar, meski gebetanmu nanti akhirnya suka kepadamu, kamu gak bakal terlalu menikmatinya.

Apa Yang Bisa Kamu Lakukan?

Sebenarnya, yang harus kamu lakukan gak jauh berbeda dengan mengatasi rasa minder pada umumnya. Menurut Kelas Cinta ada beberapa faktor yang bisa membuatmu minder ketika mendekati gebetanmu yang perlu kamu ketahui yaitu faktor keluarga, ekonomi, lingkungan, fisik, hingga kedewasaan.

Faktor keluarga, biasanya muncul karena keluarga gebetanmu yang lebih kaya maupun berasal dari keluarga yang terpandang.

Faktor ekonomi yang dapat menjadi salah satu faktor minder yang menyerangmu, apalagi jika gebetanmu memiliki keluarga yang sangat berkecukupan. Atau mungkin penghasilan gebetanmu lebih besar dibandingkan kamu.

Faktor lingkungan akan memengaruhi kehidupan seseorang, biasanya seseorang akan merasa minder jika gebetannya memiliki lingkungan yang lebih luas hingga lebih asik.

Selain itu, faktor fisik sering kali menjadi hal yang membuat minder pertama kali saat menjalani PDKT dengan gebetanmu. Merasa gebetanmu lebih cantik, lebih ganteng, lebih tinggi, padahal gak semua orang memandang dari fisik, loh!

Terakhir faktor kedewasaan, berhubungan dengan cara berpikir gebetanmu. Faktanya kedewasaan seseorang berbeda-beda gak bisa diukur oleh sebuah angka usia.

Yang perlu kamu catat adalah ketika PDKT, rasa mindermu bisa menjadi sebuah self-fulfilling prophecy. Maksudnya apa?

Maksudnya adalah kamu sendiri yang minder dan berpikir bahwa gebetanmu itu out of your league. Dan seringnya, keadaan gak sebenarnya seperti itu. Setelah kamu minder dan meyakinkan diri bahwa kamu memang gak pantas, gebetanmu akan menjauh darimu lalu kamu bakal bilang

“Tuh, kan! Bener!”

Padahal seharusnya gak demikian. Kamu sendiri yang membangun mindset seperti itu dan lingkungan sekitarmu hanya mengikuti apa yang telah kamu pikirkan.

Gak enak, kan? Itulah mengapa kamu harus mulai menghilangkan rasa minder dengan gebetanmu. Yah, namanya orang lagi jatuh cinta, pasti ada rasa minder walau sedikit. Namun kamu bisa perlahan mengatasinya dengan beberapa tips berikut!

Tips Mengatasi Minder

1. Biar Gak Minder, Jangan Menggeneralisir

Kesalahan kecil beberapa bulan lalu gak sepantasnya membuatmu terus kepikiran! Lagipula, dia juga kemungkinan besar udah ngelupain, kok. Kamu harus berhenti menggeneralisir kesalahanmu dan menilai bahwa dirimu buruk hanya karena satu kejadian.

Setiap kali kamu mendapati dirimu sedang berpikir kalau kamu itu gak cukup baik, ingat itu, dan pikirkan kembali apakah kamu benar-benar seenggakpantas itu. Apakah kamu benar-benar sejelek itu baginya.

Hentikan pikiran seperti “Ah aku pasti gak se-oke itu buat deketin dia”. Kamu belum tahu pasti apa yang dia pikirkan, jadi jangan menyerah sebelum bertempur!

Baca Juga: Kunci Utama Dalam PDKT

2. Mengatasi Minder: Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ini adalah tiket VIP menuju minder tiada akhir. Kalau kamu masih mendapati diri membandingkan dirimu sendiri dengan mantan dia, atau dengan orang lain di lingkungan sosial kalian, hentikan hal tersebut!

Setiap orang memiliki kebaikan dan keburukan masing-masing, dan ketika kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu akan lebih fokus terhadap kejelekanmu jika disandingkan dengan mereka.

Kalau kamu mengalami kesulitan dalam mengatasi ini, Satu Persen punya video tips untukmu Bagaimana agar Gak Membandingkan Diri Sendiri!

Take time buat mengapresiasi kualitas dirimu, memahami apa bagian dari dirimu yang membuat gebetanmu tertarik. Fokus pada dirimu dan bagaimana kamu bisa berkembang menjadi orang yang lebih baik bagi gebetanmu ketimbang sibuk mikirin orang yang “lebih ini lebih itu daripada aku”.

Baca Juga: Membangun Rasa Percaya Diri Ketika Minder

3. Hindari Minder dengan Bersikap Terbuka

Ketika kamu terbuka dengan siapa dirimu sebenarnya, kamu akan tampil lebih percaya diri dan ini tentu saja akan membuat gebetanmu notice dirimu yang lebih percaya diri ini. Cobalah untuk be present, gak bergumul pada kesalahan masa lalu atau orang lain yang kamu rasa lebih pantas buat gebetanmu.

It’s your story, not theirs.

Lalu apakah dengan tips-tips tersebut dan banyak tips lainnya, kita akan langsung jadi pede dan gak minder lagi? Sayangnya gak semudah itu. Menghadapi perasaan minder ketika PDKT ini memang agak ribet. Kamu bisa fokus pada penyebab rasa minder tersebut: pikiran negatif tentang diri sendiri.

Kamu mungkin bisa mencoba untuk lebih mencintai diri sendiri atau membangun rasa percaya diri seiring menjalankan PDKT-mu. Dan ingat, ketika gebetanmu sudah mengatakan bahwa dia tertarik padamu, berusahalah untuk gak mundur karena merasa minder, namun komunikasikanlah dengan dirimu sendiri dahulu (atau gebetanmu) mengenai hal tersebut.

Jangan sampai rasa minder menghancurkan potensi kisah cintamu yang indah!

Atau kalau kamu masih bingung dan perlu bantuan dari seorang profesional. Kamu bisa coba layanan konseling dan mentoring dari Satu Persen. Karena disana kamu akan dibantu untuk memahami diri kamu agar mengurangi rasa minder kamu oleh mentor dan para ahlinya.

CTA-Konsultasi-19

Untuk mengetahui lebih banyak topik tentang pemahaman diri atau self-development lainnya, kamu bisa kunjungi YouTube, blog, Podcast, LinkedIn, dan Instagram Satu Persen di @satupersenofficial.

Akhir kata, semoga tulisanku ini berguna, ya!

References

Agathangelou, F. (2015, June 23). Stop Judging Yourself Negatively to Increase Self-Esteem. Retrieved from HealthyPlace: https://www.healthyplace.com/blogs/buildingselfesteem/2015/06/stop-judging-yourself-negatively-to-boost-self-esteem

Sawey, M. (2018, March 3). What to do when you think your crush is too good for you. Retrieved from Girls' Life: https://www.girlslife.com/crushes/advice/29419/what-to-do-when-you-think-your-crush-is-out-of-your-league

White, M. D. (2010, April 25). When You Feel You're Not Good Enough for Somebody. Retrieved from Psychology Today: https://www.psychologytoday.com/us/blog/maybe-its-just-me/201004/when-you-feel-youre-not-good-enough-somebody

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.