Membandingkan Diri Bikin Nggak Percaya Diri

Pemahaman Diri
Hana Nuralifiah
14 Mei 2021
Membandingkan Diri Bikin Nggak Percaya Diri
Satu Persen - Membandingkan Diri Bikin Nggak Percaya Diri

Halo, Perseners! How’s life?

Kenalin, nama gue Hana, Associate Writer dari Satu Persen.

Jujur aja, nih. Meskipun gue bersyukur banget bisa jadi Associate Writer di Satu Persen, sebenernya gue tuh gak terlalu percaya diri sama kemampuan menulis gue. Selain nulis artikel di sini, gue juga nulis banyak hal. Tapi ya, cuma buat disimpan sendiri aja. Alias gak gue perlihatkan ke orang lain.

Menurut gue, kemampuan menulis gue masih kurang banget. Gue udah pernah ikut beberapa kompetisi menulis novel, tapi gak pernah menang. Pernah juga gue ajuin naskah buat diterbitin, tapi gak dilirik sampe sekarang. Pokoknya, kalo dibandingin sama mereka yang karyanya udah bisa terbit, gue tuh bukan apa-apa, deh.

Perseners familiar gak sih sama perasaan kayak gini? Ngelihat orang lain jago langsung ngerasa gak punya kemampuan. Ngelihat orang lain cakep langsung ngerasa jelek. Ngelihat orang lain udah mapan di usia muda langsung ngerasa dikalahin. Padahal gak ada yang ngajak kompetisi.

Well, kasus membanding-bandingkan itu kayaknya emang udah sering banget kejadian. Semua orang pasti pernah melakukannya. Tapi, meskipun keliatannya wajar-wajar aja, bukan berarti bisa kita jadiin kebiasaan terus ya.

Yap, membandingkan diri dengan orang lain emang bukan kebiasaan yang baik. Dalam artikelnya, Jane Bolton menemukan bahwa membandingkan diri merupakan pemicu utama kita ngerasa gak percaya diri. Waduh, kenapa ya membandingkan diri bisa ngaruh sama kepercayaan diri kita?

Kenapa membandingkan diri bikin nggak percaya diri?

Membandingkan diri emang ujung-ujungnya bikin kita jadi gak percaya diri.

Bayangin aja gini: Misalnya kita dapet nilai 80 di ujian. Awalnya kita ngerasa seneng banget nih, karena biasanya lo gak dapet nilai segede itu. Lo menghargai diri lo, “Gak sia-sia gue belajar tiap malem sampe bisa dapet nilai segede ini. Ternyata gue juga bisa kalo berusaha”.

Ternyata, ada temen lo yang nilainya lebih gede. Misalnya, sebut aja, dia dapet nilai 95. Sebenernya, pas itu lo punya dua pilihan. Pertama, mengizinkan diri lo berbangga atas pencapaian lo dan fokus sama perkembangan diri lo selanjutnya. Kedua, lo membandingkan nilai lo sama temen lo, seolah-olah usaha sampe dapet nilai 80 itu gak ada artinya.

Sebenernya, kecenderungan kita ke opsi kedua gak terjadi begitu aja. Alias pasti ada penyebabnya. Pada faktanya, kita emang dibesarkan dalam masyarakat yang ngajarin buat membandingkan diri sama orang lain. Dari orang tua, tetangga, pergaulan, bahkan di lingkungan sekolah pun kita didorong supaya lebih baik dari anak lain.

Mungkin, kebiasaan kita buat membandingkan diri dibarengi dengan harapan supaya kita bisa terinspirasi dan jadi orang yang lebih hebat lagi. Sayangnya, itu mungkin cara yang kurang tepat. Malahan itu justru memperparah perasaan minder kita.

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Sama seperti ilustrasi yang tadi. Dengan membandingkan diri lo sama temen yang dapet nilai 95 itu, apakah lo jadi termotivasi buat belajar lebih keras lagi? Apakah lo jadi pede bahwa lo juga hebat kayak temen lo itu?

Nyatanya gak juga kan, guys? Yang ada, lo jadi ngerasa usaha lo buat belajar itu sia-sia karena gak dapet nilai sebagus temen lo. Lo jadi berpikir bahwa lo gak terlahir sebagai bibit unggul. Intinya, lo jadi menilai yang jelek-jelek tentang diri lo setelah membandingkan diri sama orang lain.

Padahal, usaha belajar lo gak sia-sia, karena gak ada ruginya belajar. Dapet nilai 80 itu tentu aja membanggakan kalo pake ukuran lo sendiri. Apakah lo gak terlahir sebagai bibit unggul? Well, bisa aja lo unggul di bidang lain, kan?

Gak cuma kurang menghargai diri sendiri dan kehilangan percaya diri, membandingkan diri juga bikin lo gak terkoneksi sama orang-orang di sekitar lo. Lo memandang diri lo lebih rendah dari orang lain, jadinya lo cenderung bikin jarak. Soalnya lo gak pede bergaul sama mereka. Kalo begitu terus, lama-lama pasti kesepian kan?

Dengan memahami kerugian membandingkan diri terhadap tingkat kepedean seseorang, tandanya lo lagi memberikan diri lo kesempatan buat berubah jadi lebih baik. Seenggaknya, kalo lo udah tau banding-bandingin itu gak ada manfaatnya, lo mungkin jadi punya keinginan buat hilangin kebiasaan itu.

Nah, buat lo yang lagi berusaha buat lebih percaya diri, tenang aja. Lo gak sendirian kok. Di sini, gue bakal ngasih tips supaya bisa sedikit ngebantu lo :)

Tips meningkatkan rasa percaya diri

Tiap orang mungkin terlahir dengan tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda. Tapi, seenggaknya kita juga bisa gunain kesempatan yang ada buat ningkatin rasa percaya diri. Apa aja sih yang sebaiknya kita lakukan?

1. Jauhin trigger yang bikin lo gak percaya diri

Coba lo awali dengan mengidentifikasi, kira-kira apa sih hal yang bikin lo gampang membandingkan diri? Setiap orang mungkin trigger-nya bisa berbeda-beda. Kalo penyebabnya adalah media sosial, mungkin lo bisa buat gak membukanya terlalu sering. Jangan malah dikepoin terus.

Ngomong-ngomong soal media sosial, gue juga mau berbagi tips pribadi, nih. Sebenernya, pengguna media sosial kan dikasih kebebasan untuk mem-follow dan unfollow siapa aja. Jadi, biasanya sih gue lebih mencari akun-akun public figure yang kontennya bermanfaat dan penuh motivasi baik. Akhirnya, gue bisa lebih hepi deh dalam bermedia sosial. Nah, lo juga bisa cobain buat lebih selektif kayak begitu.

Baca Juga: Pengaruh Sosial Media Terhadap Self Esteem: Bikin Bahagia atau Menderita?

2. Percaya diri dengan nilai diri yang lo tentuin sendiri

Lo ngerasa kurang oke gara-gara belum bisa ikut kejuaraan kayak dia. Tapi, emangnya harus selalu ikut kejuaraan ya buat jadi orang yang oke? Gak juga kan? Setiap orang punya caranya sendiri, jadi gak bisa tuh dibanding-bandingin.

Untuk bisa menentukan nilai diri lo, tentunya lo harus mengenal diri lo sendiri dulu. Apa sih hal yang lo senangi dan bisa lakukan? Dari situ, kira-kira apa yang bisa lo usahakan supaya diri lo bisa berkembang? Nah, daripada pake nilai orang lain, mending lo tentuin nilai buat lo sendiri. Alias, lo gak harus ikut kejuaraan buat merasa bangga, kok :)

Coba Juga: Tes Faktor Kepercayaan Diri: Kenali Kelebihanmu!

3. Fokus sama perkembangan diri supaya lebih percaya diri

“Kok bisa sih dia hebat banget? Dari kecil udah berprestasi kayak begitu. Gue juga pengen deh bisa jadi kayak dia.”

Semua orang punya kesempatan buat berkembang, kok. Tinggal caranya aja yang beda-beda dan tergantung dari usahanya juga. Yang jelas, lo bakalan susah buat berkembang kalo masih fokus sama pencapaian orang lain.

Yuk, biasain fokus sama diri sendiri aja. Hargain apa yang udah bisa lo lakuin selama ini. Buat rencana tentang hal-hal yang pengen lo capai di masa depan. Kalo lo punya kekurangan atau hambatan tertentu, cari jalan keluarnya. Usaha-usaha kayak gini tentunya bakal menunjang kemajuan diri lo, kok.

4. Tingkatin rasa percaya diri lo dengan bersaing sama diri sendiri

Kita suka ngerasa tersaingi kalo ngelihat orang yang udah punya pencapaian lebih daripada kita. Tapi, gimana dengan pencapaian lo di masa lalu dan sekarang? Apa jangan-jangan perkembangan diri lo semakin menurun karena lo gak bergerak maju? Lo gak masalah dikalahin sama pencapaian diri lo di masa lalu?

Udah, daripada mendeklarasikan persaingan secara sepihak sama orang lain perihal pencapaian, mending lo bersaing sama diri lo sendiri aja. Apa pencapaian terakhir lo? Kira-kira, gimana caranya supaya lo bisa lebih berkembang dari sebelumnya? Tentunya, lo yang sekarang bisa usahain buat jadi lebih baik dari kemarin.

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Pada akhirnya, kesulitan setiap orang berbeda-beda. Gue paham kalo gak semua orang bisa langsung ngerasa terbantu setelah baca artikel gue. Mungkin, lo masih belum nemu solusi yang tepat buat ngatasin masalah tertentu yang memicu ketidakpercayaan diri lo. Mungkin juga, lo belum mengenal diri sendiri, jadinya lo sulit buat menentukan nilai diri lo.

Tenang aja. Lo bisa kok dapetin solusinya dengan berkonsultasi sama mentor di Satu Persen.

Buat lo yang masih belum kebayang, mentoring Satu Persen adalah layanan yang disediakan untuk mengatasi masalah non-klinis seperti kurang percaya diri. Nantinya, lo bisa ceritain masalah lo sama mentor, supaya lo bisa nemuin solusi dan mengenal diri sendiri lebih jauh lagi. Lo juga bakalan difasilitasi dengan worksheet dan psikotes.

In case lo tertarik, lo bisa banget buat cari tahu info lebih lanjut dengan klik link di bawah, ya!

CTA-Blog--6-

Selain itu, Satu Persen juga punya video YouTube tentang membandingkan diri yang tentunya berhubungan sama isu ketidakpercayaan diri. Yuk coba ditonton, kali aja relatable nih sama kondisi lo sekarang.

Nah, cukup segini dulu tulisan gue kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa ngasih insight baru buat lo yang masih suka banding-bandingin dan gak percaya diri. Gue harap, kita bisa sama-sama berusaha, ya. Gak perlu buru-buru, minimal berkembang Satu Persen setiap hari menuju #HidupSeutuhnya :)

Akhir kata, thanks a million!

Referensi

Bolton, J. (August 9, 2010). How to Wreck Your Self Esteem: Compare Yourself with Others. Retrieved on May 01, 2021 from https://www.psychologytoday.com/us/blog/your-zesty-self/201008/how-wreck-your-self-esteem-compare-youself-others.

Haas, S. B. (March 5, 2018). How to Stop Comparing Yourself to Others. Retrieved on May 02, 2021 from https://www.psychologytoday.com/us/blog/prescriptions-life/201803/how-stop-comparing-yourself-others.

Hurst, K. (n.d). How To Stop Comparing Yourself To Others And Be More Confident. Retrieved on May 04, 2021 from https://www.thelawofattraction.com/stop-comparing-yourself/#:~:text=Try%20and%20focus%20on%20your,stop%20comparing%20yourself%20to%20others.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.